Pelatihan Berbasis Kompetensi Tahap I Tahun 2020 BLKK Ponpes Nurul Hidayah Bojongnangka Dimulai

03/07/2020 | Berita

Pada tanggal 01 Juli 2020, Balai Latihan Kerja Komunitas (BLKK) Ponpes Nurul Hidayah Bojongnangka mulai melaksanakan program Pelatihan Kerja Berbasis Kompetensi (PBK) tahap I tahun 2020 yang diikuti 16 peserta dari Kota Tasikmalaya.

Program pelatihan tersebut telah resmi dibuka oleh H. Rachmat Macmuda, SE. MM selaku Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Tasikmalaya dan dihadiri oleh Drs. H. Wawam Gunawan selaku Camat Purbaratu Kota Tasikmalaya.

Kepala BLKK Ponpes Nurul Hidayah Bojongnangka, KH. Entang Bunyamin mengatakan bahwa sebelum pelatihan dilaksanakan, kami sudah mendapatkan izin dari Satuan Gugus Tugas Covid-19 Kec. Purbaratu yang tertuang dalam Surat Rekomendasi No. 400/143/kec/2020.

Berdasarkan data peta sebar covid-19 di Jawa Barat dimana Kota Tasikmalaya termasuk zona hijau. Namun tetap pelatihan dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan dan pencegahan covid-19 sesuai dengan instruksi pemerintah dan mendukung program Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB).

Sebelum masuk ke Gedung Workshop BLKK Ponpes Nurul Hidayah Bojongnangka, Peserta bersedia dicek suhu, harus menggunakan masker, jaga jarak dan cuci tangan. Setelah semua itu dipastikan sudah dilaksanakan oleh peserta, maka kami memperbolehkannya masuk.

Kepala BLKK Ponpes Nurul Hidayah Bojongnangka, KH. Entang Bunyamin mengatakan, PBK merupakan wujud nyata program perluasan kesempatan kerja melalui pembinaan pelatihan keterampilan kerja pada masyarakat sekaligus upaya mempercepat pengurangan pengangguran.

“Pemerintah mempercepat pelaksanaan program pelatihan berbasis kompetensi untuk meningkatkan penguatan kualitas dan kompetensi  sumber daya manusia  (SDM) Indonesia,” ujar H. Rachmat Macmuda, SE. MM saat membuka kegiatan PBK tahap pertama di BLKK Ponpes Nurul Hidayah Bojongnangka, Jawa Barat, Rabu, 01 Juli 2020.

Pembukaan PBK ditandai dengan penyematan tanda peserta secara simbolis oleh H. Rachmat Macmuda, SE. MM pada salah satu peserta kejuruan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) program pelatihan Computer Operator Assistant (COA) Tahap I Tahun 2020.

Dalam arahannya di depan para peserta, Drs. H. Wawam Gunawan menuturkan ilmu pengetahuan dan teknologi semakin berkembang pesat di era globalisasi seperti sekarang. Hampir setiap saat, perubahan selalu terjadi dalam setiap sektor kehidupan.

Sementara itu, disepakatinya Kawasan Perdagangan Bebas ASEAN atau Kawasan Asia (AFTA) sekaligus dimulainya era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) menjadi permasalahan sekaligus tantangan tersendiri yang harus dihadapi bersama.

Berangkat dari hal tersebut, menurut KH. Entang Bunyamin, peningkatan SDM mutlak dilakukan. Terlebih lagi pemerintah perlu menyiapkan tenaga kerja yang kompeten dalam bidangnya.

Ia menerangkan, program PBK merupakan upaya pemberian kecakapan kerja kepada masyarakat sebagai bekal untuk bekerja atau berwirausaha.

Oleh karenanya, pihak BLKK Ponpes Nurul Hidayah Bojongnangka tidak hanya membina peserta dari sisi kemampuan teknis (hard skill) semata, tetapi juga kemampuan interpersonal (soft skill) yang terdiri dari wawasan industri, etika dan motivasi.

"Kita optimis bahwa dengan pelatihan ini, para peserta nantinya akan dapat sukses dan memiliki skill untuk menjadi calon tenaga kerja terampil dan lebih dapat diterima oleh dunia industri," imbuhnya.

KH. Entang Bunyamin berpesan pada seluruh peserta PBK agar dapat mengikuti seluruh tahapan dan proses pelatihan ini secara serius dan sungguh-sungguh.

“Ikuti dengan baik pelatihan yang akan berjalan ini, karena ilmu dan keterampilan merupakan investasi masa depan yang tidak ternilai harganya. Manfaatkan kesempatan ini untuk masa depan yang lebih baik,” ujarnya.